Big Hero 6 gunakan software Hyperion untuk pembuatannya

Pakai Software Ini, Animasi Disney Big Hero 6 Jadi Yang Terbaik

Disney selalu berhasil menghadirkan film-film animasi terbaik kepada para penggemarnya. Tentu kita masih ingat dengan film legendaris keluaran Disney seperti The Lion King. Ya, penggabungan jalan cerita yang menarik serta teknik animasi yang mengagumkan membuat Disney bisa dibilang sebagai salah satu rumah produksi animasi tersukses bahkan hingga sekarang.

Disney Big Hero 6
Disney Big Hero 6

Mengikuti perkembangan jaman, tentu perusahaan sekelas Disney juga ikut menyesuaikan. Teknologi yang digunakan untuk membuat karya-karya terbaik mereka juga ikut berkembang. Seperti yang kita semua ketahui, film animasi di jaman sekarang mayoritas mengadaptasi 4D. Tidak seperti pada jaman dahulu yang hanya menggunakan gambar berkualitas 2D.

Jika masih belum terbayang, kita ambil contoh film Disney Big Hero 6. Meski sama-sama keluaran Disney, tentu kita bisa menemukan perbedaan antara Big Hero 6 dengan The Lion King. Benar sekali, dari sektor kualitas gambar dan animasi. Dan usut punya usut, ternyata pengerjaan Disney Big Hero 6 menggunakan salah sat software animasi terbaik di dunia saat ini, apakah software tersebut?

Keren! Hyperion Bikin Animasi Big Hero 6 Natural Abis

Dalam pembuatan sebuah film animasi tentu dibutuhkan seperangkat media pendukung. Seperti rumus IT paling dasar, ada Hardware, Software dan Brainware. Hardware disini tentu saja komputer untuk memproduksi animasi itu sendiri, sementara brainware adalah sang animator yang mengoperasikan komputernya. Sedangkan untuk software, kali ini Disney menggunakan Hyperion.

Big Hero 6 gunakan software Hyperion untuk pembuatannya
Big Hero 6 gunakan software Hyperion untuk pembuatannya

Hyperion merupakan salah satu software yang dikembangkan oleh Disney sendiri. Penggunaan Hyperion membuat Disney mampu memperhitungkan aktivitas cahaya, baik itu jarak jatuhnya, efeknya terhadap objek dalam film tersebut dan masih banyak lagi. Dimana dalam film-film sebelumnya (Bolt dan Wreck It Ralph) animator Disney harus melakukannya secara manual.

Meski menjadi sangat dipermudah dalam proses pengerjaan kali ini, bukan berarti animator Disney tanpa tantangan. Hal yang menjadi tantangan disini adalah karena mereka mengerjakan ini dengan Hyperion yang masih berada dalam versi beta. Mereka menggunakan software tersebut sembari mengembangkannya juga. Jadi bisa diibaratkan bahwa mereka mengendarai sambil merakit mobil.

Big Hero 6, Petualangan Hiro dan Baymax Selamatkan Kota San Fransokyo

Hiro merupakan seorang petarung robot liar ketika sang almarhum kakak (Tadashi) masih hidup. Lewat Tadashi Hiro berhasil menciptakan ISP sebagai salah satu penemuan terbaik. Sayang saat pameran di SFIT (San Fransokyo Institute of Technology) gedung tempat acara terbakar dan Tadashi tewas. Hiro pun diwariskan Baymax, robot pendamping yang dikembangkan oleh mendiang Tadashi.

Sinopsis Big Hero 6
Sinopsis Big Hero 6

Menjalani petualangan bersama, Hiro dan Baymax dikejutka oleh kehadiran seorang penjahat bertopeng bernama Kabuki. Kabuki ini berniat untuk memporakporandakan kota San Farnsokyo. Hiro dan Baymax pun menghubungi rekan sang mendiang kakak (Wasabi, Honey Lemon, Gogo Tamago dan Fred). Dan mereka berlima beserta Baymax pun berencana untuk menyelamatkan dunia dari serangan Kabuki.

Perjuangan Hiro dan kawan-kawan sempat menemui kesulitan sebab ternyata sosok Kabuki adalah orang terdekat mereka. Orang yang sama sekali tidak disangka akan melakukan hal jahat untuk menghancurkan San Fransokyo. Kisah Hiro dan Baymax selain menghadirkan nuansa petualangan yang seru juga menyelipkan jokes segar sehingga membuat penonton tertawa.

Tidak hanya itu, dalam film yang berdurasi 103 menit ini, para penonton juga akan disajikan sejumlah adegan haru. Adegan tersebut adalah ketika Baymax mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan Hiro yang terjebak dalam dimensi alternatif yang diciptakan oleh mesin Kabuki. Secara keseluruhan, Disney Big Hero 6 merupakan film animasi yang lengkap dan layak untuk ditonton semua umur.